Teknologi BK

Teknologi informasi khususnya alat komunikasi maupun media sosial merupakan salah satu perkembangan yang sangat membantu dalam mengolah atau mengembangkan kemampuan seseorang saat ini dimana orang mampu mengetahui dunia luar dengan leluasa dengan hanya memanfaatkan perkembangan teknologi yang sudah ada. Selama waktu masih berjalan maka teknologi akan selalu berkembang, dengan teknologi seseorang mampu melakuakan sesuatu yang positif maupun negatif, semua itu kembali pada pribadi individu tersebut. untuk menyikapi itu maka para pendidik wajib mampu mengetahui teknologi informasi dalam menjalankan tugasnya khususnya guru BK yang harus mampu menguasai alat komunikasi ataupun media sosial dalam menjalankan layanan konseling.

Dalam dunia pendidikan khususnya Bimbingan dan konseling guru BK harus mampu menguasai IT yang ada khususnya dalam media sosial, baik yang sudah tua maupun yang muda. Tujuan penguasaan IT sangat membantu dalam menyelesaikan masalah siswa tanpa bertatap muka.

Untuk dapat menyelenggarakan cyber counseling, ada beberapa etika yang perlu diperhatikan, beberapa asas yang perlu dipegang teguh dalam melaksananan cybercounseling, yaitu (1) Asas kerahasiaan yang menuntut dijaminnya semua rahasia pribadi klien, sehingga klien akan merasa mendapatkan perlindungan yang demikian itu menjadi jaminan untuk suksesnya konseling. Konselor tidak boleh merekam proses cyber counseling tanpa izin klien. Selama proses konseling melalui media sosial tidak boleh ada orang lain di sekitar konselor atau klien, (2) Asas kesukarelaan dan keterbukaan, menuntut adanya kesukarelaan penuh dari klien untuk menjalani proses konseling. Adanya kesukarelaan pada klien diharapkan akan muncul keterbukaan klien pada konselor yang menunjang keberhasilan konseling, (3) Asas kenormatifan yang menuntut adanya kaidah dan norma yang berlaku, baik norma agama, adat, hukum, dan kebiasaan selama cyber counseling. Sebelum proses konseling melalui telepon video alangkah baiknya jika konselor menyampaikan aturan-aturan kepada klien, misalnya pakaian harus sopan, dan (4) Asas kemandirian, yaitu keputusan diambil oleh klien sendiri dan sanggup menanggung resiko akibat keputusannya tersebut. Ketiga, hal yang berkaitan dengan keterampilan konseling.

Selama cyber counseling konselor dituntut terus menggunakan keterampilan konseling, mulai dari attending (penerimaan), responding (merespon), understanding (pemahaman), personalizing (mempersonalisasikan), acting (pengambilan tindakan), dan initiating (menginisiasiakan). Penggunaan media teknologi telepon video hendaklah tidak jadi penghalang konselor untuk melakukan keterampilan konseling. Melalui telelpon video facebook, konselor tetap dapat menunjukkan sikap penerimaan terhadap klien, baik melalui kontak mata, gerak tubuh, ekspresi wajah, maupun ungkapan verbal. Konselor dapat melihat dan mendengarkan klien dan klien dapat melihat dan mendengar respon dari konselor.

Dari penjelasan di atas, jelas bahwa zaman sekarang kita dimanjakan oleh teknologi yang menggoda tanpa bersusah payah harus membuat janji dan ketemuan, belum kalau terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan, dengan memanfaatkan proses konseling menggunakan IT khususnya media sosial akan lebih efektif tanpa harus memakan waktudan biaya, serta tidak mengurangi kualitas hubungan antara konselor dan klien. Konselor tetap dapat mendengar suara klien, melihat gerak tubuh, ekspresi wajah, dan semua kondisi fisik serta ekspresi emosi klien. Konselor tetap dapat menerapkan keterampilan konseling individual baik secara verbal maupun non verbal. Sebaliknya, klien juga dapat mengekpresikan perasannya, menceritakan masalahnya, dan melakukan komunikasi verbal dengan konselor. Dengan kata lain, semua prinsip konseling individual terpenuhi dalam cyber counseling.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s